Instrumen Monev Kurikulum

Universitas Pelita Bangsa mempunyai komitmen yang tinggi untuk memberikan kualitas yang terbaik dalam pengelolaan perguruan tinggi sehingga akuntabilitas dapat tercipta. Berkaitan dengan hal tersebut Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Pelita Bangsa telah menyusun buku Panduan Monitoring dan Evaluasi Pengembangan Kurikulum, Pembelajaran dan Suasana Akademik yang ditetapkan melalui Surat Keputusan Rektor No. 016/SK/1.1.A/UPB/X/2020 Tanggal 21 Oktober 2020.


Pelaksanaan monitoring dan evaluasi (monev) pengembangan kurikulum, Pembelajaran dan Suasana Akademik di Universitas Pelita Bangsa akan dilakukan secara berkala setiap setiap tahun. Monev pengembangan kurikulum program studi, pembelajaran dan suasana akademik dilakukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Pelita Bangsadengan melibatkan Tim Penjaminan Mutu Fakultas/ Pascasarjana dan Gugus Penjaminan Mutu Program Studi yang dilakukan secara silang. Kegiatan monev dilakukan dengan melihat langsung dokumen kurikulum setiap program studi dan memeriksa dokumen-dokumen yang terkait dengan pengembangan kurikulum program studi, pembelajaran dan suasana akademik.


Data hasil monev merupakan data kondisi program studi yang menjadi dasar program kerja universitas untuk pengembangan program studi. Selai n itu, data yang diperoleh dapat menjadi penuntun program studi melakukan evaluasi diri, menetapkan rencana tindak lanjut, dan perbaikan secara terus-menerus untuk mencapai standar dan kriteria yang ditetapkan. Hasil Monitoring dan evaluasi pengembangan kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik disusun dalam sebuah laporan untuk disampaikan kepada Rektor melalui Wakil Rektor Bidang Akademik, untuk ditindak lanjuti dan dilakukan upaya perbaikan melalui rapat pimpinan.