Asesmen Lapangan Daring Prodi Teknik Informatika UPB

Program Studi Teknik Informatika menyelenggarakan Asesmen Lapangan secara daring pada tanggal 5 dan 6 Maret 2021 yang dihadiri oleh asesor eksternal BAN-PT Dr. Surya Sumpeno, S.T., M.Sc. dan Dr. Yohanes Suyanto, M.I.Kom. dan juga civitas akademik Fakultas Teknik Universitas Pelita Bangsa. Di dalam sambutannya asesor menyampaikan bahwa kegiatan asesmen lapangan Program Studi Teknik Informatika ini adalah gelombang kesekian dari beberapa gelombang asesmen lapangan yang dilaksanakan oleh asesor BAN PT dengan instrumen yang masih menggunakan 7 standar, karena ribuan Perguruan tinggi yang berbondong-bondong mengajukan instrumen 7 standar pada peralihan instrumen 9 kriteria pada bulan Maret 2019. Prodi TI UPB telah mengajukan instrumen 7 standar pada 29 Maret 2019 dan diberi kesempatan asesmen lapangan pada tanggal 5-6 Maret 2021. Pada hari pertama kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Rektor Universitas Pelita Bangsa dan kedua Asesor BAN-PT, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan asesmen inti yaitu sesi dengan Pimpinan UPPS/ Fakultas yang secara langsung dipimpin oleh Dekan Fakultas Teknik UPB Ibu Putri Anggun Sari, S.Pt., M.Si. dan dilanjutkan dengan Sesi dengan Program Studi yang dipimpin oleh Sekprodi 1 dan 2 ( Wahyu Hadikristanto, S.Kom., M.Kom. dan Dr. Yoga Religia, S.Kom., M.Kom). Alhamdulillah asesmen hari pertama dapat berjalan dengan kondusif dan lancar, tanpa kendala apapun.

Pada hari kedua (Sabtu , 6 Maret 2021) proses asesmen lapangan diawali dengan sesi dengan Pengguna Alumni, Mahasiswa, Alumni, Dosen dan Tenaga Kependidikan Prodi Teknik Informatika, kemudian dilanjutkan dengan survey Sarana dan Prasarana dengan cara berkeliling di UPB yang juga dilakukan daring menggunakan zoom meeting. Selanjutnya penyampaian feedback dan penandatanganan berita acara asesmen lapangan oleh asesor dan pimpinan Fakultas dan juga pimpinan Prodi Teknik Informatika. Acara asesmen lapangan yang berlangsung selama 2 hari ini menjadikan suatu pengalaman pertama bagi pimpinan fakultas, program studi, unit penjaminan mutu dan civitas akademika UPB yang cukup berkesan dan menambah pengetahuan dalam berinteraksi dengan pihak eksternal secara langsung melalui zoom meeting. Penutupan acara juga dilakukan oleh Rektor UPB Bapak Hamzah Muhammad Mardi Putra, S.K.M., M.M. selaku Pimpinan Universitas Pelita Bangsa dalam hal ini beliau menyampaikan terimakasih kepada Asesor BAN-PT yang telah mendampingi proses asesmen lapangan dengan baik selama 2 hari. Semoga dengan asesmen lapangan yang dilaksanakan secara daring ini dapat menghasilkan akreditasi Program Studi Teknik Informatika yang lebih baik dibandingkan dengan akreditasi prodi sebelumnya. Aamiin…

Kami selaku Direktorat Penjaminan Mutu (DPM) UPB juga menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Tim Panitia Asesmen Lapangan Prodi Teknik Informatika dan seluruh pihak yang terlibat dalam acara ini sehingga proses asesmen lapangan dapat terlaksana dengan baik.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *