Benchmarking dan Review Implementasi SPMI Universitas Pelita Bangsa dengan Institut Teknologi Nasional Bandung (ITENAS)

Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia, Universitas Pelita Bangsa (UPB) dan Institut Teknologi Nasional Bandung (ITENAS) telah melaksanakan sesi benchmarking dan review implementasi Standar Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Kedua institusi ini secara aktif terlibat dalam proses evaluasi untuk membandingkan langkah-langkah yang diambil dalam menerapkan SPMI dan mempelajari praktik terbaik satu sama lain. SPMI, yang diperkenalkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), bertujuan memastikan bahwa lembaga pendidikan tinggi di Indonesia menjaga standar mutu yang tinggi. Melalui proses benchmarking ini, UPB dan ITENAS saling bertukar pengalaman dan pengetahuan untuk meningkatkan efektivitas implementasi SPMI di kampus masing-masing.

Berdasarkan hasil review terhadap 63 indikator pelaksanaan SPMI di UPB, ditemukan bahwa masih diperlukan pemilahan dan pengelompokan dokumen sesuai kelompok PPEPP (Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan) untuk mempermudah proses verifikasi. Selain itu, kedudukan auditor dalam organisasi pelaksanaan penjaminan mutu perlu dipertegas dalam aturan. Manual PPEPP SPMI seharusnya mengakomodir semua standar yang menjadi lingkup masing-masing kelompok standar. Penanggung jawab dan pelaksana standar perlu ditambahkan sesuai dengan standar yang ditetapkan, dengan uraian tugas yang lebih spesifik. UPB dapat mengambil contoh dari ITENAS yang telah menetapkan posisi auditor yang jelas dan memiliki manual yang sangat detail dan spesifik

Benchmarking eksternal internasional juga perlu ditingkatkan untuk memperkuat implementasi SPMI. Dengan mengadopsi praktik-praktik terbaik dari ITENAS, UPB dapat memperkuat sistem penjaminan mutu mereka dan meningkatkan daya saing di tingkat nasional maupun internasional. Implementasi rekomendasi-rekomendasi ini diharapkan dapat membawa perubahan positif dan peningkatan kualitas pendidikan di UPB. Dengan adanya kolaborasi yang erat antara UPB dan ITENAS, kedua universitas ini berkomitmen untuk terus bekerja sama dan saling mendukung dalam upaya memberikan pendidikan tinggi yang berkualitas dan relevan bagi mahasiswa Indonesia.

Dalam rangka memperkuat kolaborasi ini, UPB dan ITENAS juga telah menandatangani Memorandum of Agreement (MOA) dan Implementing Agreement (IA) sebagai bagian dari kerjasama mereka. Penandatanganan ini merupakan langkah strategis untuk memastikan bahwa upaya benchmarking dan peningkatan kualitas dapat berlanjut secara berkelanjutan, dengan kedua universitas berkomitmen untuk saling mendukung dalam berbagai aspek pengembangan dan implementasi SPMI. Kerjasama ini diharapkan dapat menjadi model bagi universitas lain di Indonesia dalam upaya mereka untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara menyeluruh.

Written by